
Pengujian penerbangan untuk dua desain pesawat tempur generasi berikutnya China terus berlanjut, memberikan wawasan baru mengenai kedua pesawat tersebut. Gambar terbaru dari desain yang lebih besar, sering disebut sebagai J-36, menampilkan tampilan paling jelas hingga saat ini mengenai saluran buang untuk tiga mesinnya, serta memberikan sudut pandang baru terhadap kemungkinan kokpit dua tempat duduk. Sementara itu, pesawat kedua, yang dikenal sebagai J-XDS dan J-50, menunjukkan konfigurasi bay yang menarik di sisi bodi pesawat tepat di belakang saluran udara dan menyoroti fitur khas lainnya, seperti permukaan kontrol sayap yang dapat diputar.
Berikut adalah beberapa poin penting tentang pengembangan pesawat-pesawat ini:
J-36: Desain ini memiliki konfigurasi unik dengan tiga mesin. Gambar terbaru menunjukkan saluran buang yang berada di dalam ekor pesawat, menciptakan konsep stealth yang efektif baik untuk pengelolaan tanda radar maupun inframerah. Terdapat elemen desain yang dipelopori oleh Northrop, seperti desain aliran udara yang membantu meningkatkan performa pesawat.
Kokpit: Ada spekulasi mengenai kokpit dua tempat duduk pada J-36. Meskipun gambar yang ada masih belum memungkinkan untuk memastikan hal ini, beberapa pengamat militer mencatat kemungkinan adanya dua tampilan kaca yang berbeda.
J-XDS/J-50: Pengembangan pesawat ini juga menunjukkan fitur baru yang menarik, termasuk bay di sisi kanan bodi pesawat, yang mungkin digunakan untuk menyimpan senjata. Meski demikian, belum ada kepastian mengenai fungsionalitas sweet spot ini. Bay ini terletak tepat di depan area pendaratan utama pesawat.
Permukaan Kontrol Sayap: J-XDS/J-50 dilengkapi dengan permukaan kontrol sayap yang dapat diputar, diyakini dapat memberikan stabilitas tambahan bagi pesawat tanpa ekor. Desain ini menghasilkan keunggulan dalam kelincahan.
- Berita Menarik Lainnya: Selain pengembangan J-36 dan J-XDS/J-50, muncul juga gambar satelit yang menunjukkan objek mirip pesawat stealth di Bandara Jining Qufu, menarik perhatian para pengamat. Objek ini memiliki penampilan yang belum teridentifikasi dan diyakini merupakan mock-up dari desain baru.
Dalam analisis lebih lanjut mengenai inovasi teknis, J-36 menunjukkan pendekatan yang cerdas terhadap manajemen tanda radar. Desain saluran buang yang tertanam di bagian atas ekor pesawat meminimalkan jarak pandang langsung ke saluran buang mesin, yang penting untuk mengurangi jejak inframerah dan penampang radar dari hampir semua sudut. Hal ini mengindikasikan bahwa China berusaha mengadopsi teknologi stealth yang sudah lama dikenal dalam desain pesawat tempur modern.
Berlanjutnya pengujian dan peluncuran informasi tentang pesawat generasi berikutnya ini menunjukkan bahwa China terus berinvestasi dalam teknologi dan pengembangan militer, berkomitmen untuk memastikan keunggulan kompetitif di arena global. Penemuan terbaru yang mengungkapkan potensi desain-desain ini bisa memperkuat posisi China sebagai salah satu kekuatan dominan dalam teknologi pertahanan udara.
Adanya spekulasi mengenai objek baru lainnya dan presentasi pesawat terbang yang tidak dikenal pun menunjukkan dinamika cepat dalam program pengembangan militer China. Para pengamat menantisipasi lebih banyak pengumuman dan informasi mengenai pesawat baru ini seiring dengan perkembangan pesawat yang sedang berjalan. Ongoing testing dan evaluasi terhadap J-36 serta J-XDS/J-50 menjadi kunci untuk memahami kompleksitas strategis dan teknologi yang tengah diperjuangkan oleh pemerintah China dalam memperkuat angkatan bersenjata mereka.